Apa Diperbolehkan Bayi Tidur Tidak Menggunakan Bantal ?

Tidur menggunakan bantal yang lembut memang membuat kamu lebih tertidur lelap. Namun gak serupa halnya dengan bayi. Bahkan para pakar dari The U.S Consumer Product Safety Commision merekomendasikan supaya bayi tidur tanpa bantal sampai usia 12 bulan.

BAYI TIDUR TANPA BANTAL LEBIH BAIK?

Rajanego-Manfaat-Bayi-Tidur-Tanpa-Bantal

source : rajanego.co.id

Ada banyak sekali keuntungan bayi tidur tidak menggunakan bantal, bahkan keuntungan itu juga bisa untuk yang dewasa. Pemakaian bantal dapat menambah resiko bayi kehabisan napas kalau ia tertekan atau tertindih bantal karena untuk memindahkan bantal dari muka mereka belum cukup kuat. Selain itu, terhadap kutu debu bayi lebih sensitif, bulu hewan yang menempel ataupun bahan kelengkapan tidur yang dapat membuat bayi alergi.

Bayi yang berumur di bawah 12 bulan belum memerlukan dukungan untuk menyokong kepalanya. Penerapan bantal untuk bayi tidur cuman akan berakibat menganggu waktu bayi tidur dan mengganggu pernapasannya yang membuat bayi berkeinginan lebih kerap rewel. Ada pendapat kalau bayi yang baru lahir kepalanya harus dibantu oleh bantal yang berlubang di bagian tengahnya supaya kepalanya tidak peyang. Hal seperti itu tidak semuanya benar, sebaab bentuk kepala bayi peyang (tidak rata antara kanan dan kiri) maupun bulat itu tidak disebabkan dari bantal yang digunakannya. Apabila bayi tidur tidak menggunakan bantal bahkan akan lebih membuat si bayi sehat yang disebabkan badan, leher, dan kepala tentu sejajar menyentuh tempat datar membuat bayi akan lebih lelap saat tidur.

Menurut beberapa pakar medis, mereka yakin bahwa sekiranya bayi tidur tanpa bantal hendak lebih baik daripada menggunakan bantal karena tertidur tidak menggunakan bantal akan menjadikan kualitas tidur lebih nyenyak dan nyaman karena penempatan badan berada pada tingkat normal dan alami.

Misalnya orang tua akan memberi bantal pada bayinya, lebih baik dilakukan dengan bertahap. Dapat dilakukan dengan menggunakan bantal datar dan kecil. Tinjau perilaku anak, seandainya waktu bayi tidur saat menggunakan bantal lebih lama daripada tidak menggunakan bantal, jadi itu membuktikan bahwa bayi kamu lebih nyaman tertidur menggunakan bantal. Namun, sekiranya sampai usia 2 tahun bayi kamu lebih nyaman tertidur tanpa menggunakan bantal, maka tak usah dipaksakan untuk tidur menggunakan bantal. Biarkan anak nyaman dengan pola tidurnya yang tak menggunakan bantal.

Lagi pula, tidur tidak menggunakan bantal memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk bayi, ternyata tertidur tidak menggunakan bantal juga bermakna untuk yang dewasa. yakni dapat mengurangi kerutan di wajah, menjauhi dari penyakit leher karena salah penempatan bantal saat tidur, menghilangkan sakit yang di punggung dan pastinya lebih menambahkan kualitas tidur. kalau kamu mau kualitas tidur terbaik, tak ada ruginya melakukan hal ini, yaitu tidak menggunakan bantal saat tertidur dan berjuang sama seperti bayi tidur tanpa bantal.

Sumber : Bayi Tidur Tanpa Bantal

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar